Tips 8 Cara memilih jurusan kuliah yang tepat

Tips 8 Cara memilih jurusan kuliah yang tepat

Assalamualaikum Wr Wb

Anda sedang bingung menentukan jurusan kuliah? mungkin bukan hanya anda saja yang di buat kebingungan dan pusing dalam memilih jurusan kuliah, tetapi hampir semua calon mahasiswa yang akan masuk ke perguruan tinggi atau universitas pasti merasakan hal yang sama seperti anda, termasuk saya pun pernah mengalami hal tersebut.

Memilih jurusan kuliah memang begitu rumit dan harus penuh pertimbangan karena akan sangat berpengaruh terhadap masa depan  kamu di masa-masa perkuliahan maupun setelah kamu lulus dari bangku perkuliahan.

Tips 8 Cara memilih jurusan kuliah yang tepat


Memilih jurusan yang tepat akan membuka peluang seorang mahasiswa sukses menjalani masa perkuliahan dan mendapat nilai-nilai yang terbaik, sehingga setelah lulus kuliah mereka dapat mengejar cita-cita mereka dan punya peluang lebih besar untuk urusan finansial. Sedangkan memilih jurusan kuliah yang salah akan membuat masa-masa perkuliahan terasa berat dan kamu akan merasa membuang-buang waktu dan mengeluh karena salah jurusan.

Baca juga: Peluang kerja lulusan desain grafis
                  Cara belajar bahasa inggris cuma modal internet
                  Skill yang harus dimiliki zaman sekarang
                  Hobi kekinian yang bisa menghasilkan

Oleh karena itu anda harus memikirkan dan memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan kamu, dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips memilih jurusan kuliah menurut pendapat saya sendiri, simak di bawah ini:

1.Kenali jurusan kuliah yang akan kamu pilih


Tak kenal maka tak sayang, pasti kamu pernah mendengar peribahasa itu kan. ya sebelum kamu memilih jurusan kamu harus mengenali jurusan kuliah yang ingin kamu pilih. Dengan kamu mengenali jurusan yang akan kamu pilih maka kamu bisa mencocokannya dengan kepribadian kamu, misalkan saja kamu sedang mencari jurusan kuliah yang hitung-hitungannya sedikit.

Cara mengenali jurusan kuliah


  • Tanyakan kepada teman kamu


Kamu bisa menanyakan kepada teman kamu yang sudah duluan masuk ke jurusan tersebut, kamu bisa bertanya tentang testimoni selama temanmu menjalani kuliah di jurusan itu. misalkan saja kamu bertanya tentang mata pelajarannya dan yang lainnya.

  • Tanyakan ke forum dan grup mahasiswa di sosial media

Kamu bisa menanyakannya kepada teman-teman mahasiswa di grup-grup yang tersedia di sosmed seperti facebook dan media socsial yang lainnya.

Baca juga: Kegiatan yang cocok untuk mahasiswa introvert

  • Browsing di internet/ google


Kamu bisa mencari tahu jurusan kuliah dan penjelasannya dengan lengkap melalui browsing di internet. ada banyak sekali blog-blog/website yang menjelaskan dengan detail tentang jurusan yang akan kamu pilih. sehingga kamu akan lebih mengenali jurusan kuliah yang akan kamu pilih.

2.Jangan memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman


Jangan kamu jadi orang yang tidak punya pendirian dan hanya suka nya ikut-ikutan dan labil. kamu akan sangat menyesal jika memilih jurusan kuliah hanya ikut-ikutan temanmu saja. Karena antara kamu dan temanmu pasti memiliki perbedaan minat, hobi dan kemampuan.

Jadi tentukan jurusan kuliahmu sendiri agar sesuai dengan minat.bakat, dan kepribadian kamu.

Baca juga: Review kuliah jurusan manajemen semester satu

3.Jangan memilih jurusan hanya karena keren


Yang ini sih namanya aneh, memilih jurusan kuliah hanya karena gengsi dan jurusan nya keren adalah hal yang sangat keliru. misalkan kamu memilih jurusan teknik informatika hanya karena keren ingin di bilang hacker, atau kamu memilih jurusan teknik otomotif hanya kareana ingin di bilang gentle man atau ingin di sebut anak racing.

4.Jangan hanya karena prospek ekonomi


Tidak salah memang memilih jurusan yang masa depannya cerah, tetapi kalau kamu memilih jurusan hanya karena prospek ekonomi, ini juga keliru. misalkan kamu memilih jurusan dokter hanya karena gaji besar, sedangkan kemampuan kamu bukan disitu tentu kamu akan sangat kesulitan selama berkuliah nanti.

5.Pilih yang di senangi/sesuai kepribadian


Misalnya kamu suka komputer kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan komputer, atau kamu suka seni kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan seni. jadi sesuaikan dengan minat bakat dan keperibadian kamu.

6.Pertimbangkan budget/biaya


Kamu juga harus mempertimbangkan biaya kuliah, sesuaikan dengan kemampuan orang tua kamu. kamu harus mempertimbangkan seperti biaya SKS,UANG GEDUNG,SPP,Biaya kost jika kamu nge  kos dan biaya yang lainnya.

7.Sesuaikan dengan cita-cita kamu


Kamu bisa memilih jurusan yang bisa untuk membantu kamu meraih cita-cita kamu di masa depan. misalnya kamu ingin jadi programmer kamu bisa memilih jurusan TI atau ingin jadi guru kamu bisa memilih hal yang berhubungan dengan pendidikan. 

8.Konsultasikan dengan keluarga/orang terdekat


Nah kamu bisa mengkonsultasikan/musyawarah dengan keluarga kamu tentang jurusan yang akan kamu pilih,tanyakan pendapat mereka tentang jurusan pilihan kamu. 

Tetapi keputusan tetap ada pada kamu.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih suadah berkunjung. 

Catatan:Artikel ini saya buat berdasarkan pendapat saya sendiri, bukan menurut ahli dan bukan berdasarkan survei tertentu.

Wassalamualaikum Wr Wb

Tips 8 Cara memilih jurusan kuliah yang tepat

0 komentar

Post a Comment

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.