Inilah 5 skill yang wajib harus dimiliki oleh anak muda dan mahasiswa zaman sekarang

Inilah 5 skill yang wajib harus dimiliki oleh anak muda dan  mahasiswa zaman sekarang
Soft Skill Dan Hard Skill
Assalamualaikum Wr Wb

Skill adalah hal yang tidak bisa di lepaskan dari dunia pekerjaan, ketika seseorang akan mendaftar dan mengikuti recruitment pekerjaan maka hal yang harus dia miliki adalah skill. Ada dua jenis skill yaitu soft skill dan hard skill.

Apa itu soft skillSoft skill adalah skill yang lebih ke arah karakter individu/pengembangan sikap individu contohnya yaitu kemampuan bekerjasama dalam kelompok/tim, kemampuan kepemimpinan, kemampuan mengatur waktu/manajemen waktu, dan kemampuan berbicara/komunikasi.

Skill yang harus di miliki zaman sekarang
Skill yang harus di miliki zaman sekarang

Image By: Pixabay.com/Geralt


Apa itu Hard skill? Hard skill adalah kemampuan seorang individu yang lebih kearah kemampuan teknis dan kemampuan ini bisa di pelajari di sekolah formal/kursus. Contohnya yaitu kemampuan komputer, bahasa asing, kemampuan dalam hal belajar mengajar di sekolah.

Dalam dunia pekerjaan kedua jenis skill ini sama-sama diperlukan dan sama pentingnya. Mengkombinasi kan kedua jenis skill ini akan menciptakan pekerja yang berkualitas. Jadi sebagai anak muda dan mungkin ada teman-teman mahasiswa yang sedang membaca artikel ini, kita harus mulai mengembangkan kedua skill ini agar bisa memenangkan persaingan dalam segala hal, baik untuk mencari pekerjaan maupun membangun sebuah usaha.

Jadi pada artikel kali ini saya akan memberikan 5 skill yang menurut saya wajib untuk di kuasai di era sekarang ini, baik itu soft skill maupun hard skill. Simak di bawah ini:

1.Kemampuan Bahasa Asing(Hard Skill)


Pada zaman sekarang ini menguasai bahasa asing sangatlah penting, karena kita bukan hanya bersaing dengan pesaing dari negara kita sendiri, tetapi juga bersaing dengan para pesaing dari luar negeri.

Bahasa asing yang menurut saya sangat penting untuk dipelajari adalah bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Tentu saja jika menguasai lebih dari satu bahasa asing akan sangat jauh lebih baik.

Baca Juga: 6 Cara belajar bahasa inggris cuman modal internet

2.Kemampuan Komputer(Hard Skill)


Teknologi sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia, khususnya teknologi komputer. komputer dan internet nampaknya sudah menjadi gaya hidup dan perannya sudah berubah dari yang sebelumnya hanya menjadi kebutuhan sekunder kini beralih menjadi kebutuhan primer.

Bukan hanya dalam skala rumah tangga dan pemakaian individu saja, tetapi komputer kini sudah pasti di gunakan di hampir semua perusahaan,mulai dari perusahaan skala kecil sampai perusahaan berskala besar.

Jadi teman-teman harus menguasai komputer dan penggunaan internet agar tidak tertinggal oleh zaman. Dan dengan menguasai komputer akan memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Peluang kerja dan ide usaha untuk desain grafis

3.Public speaking(Soft Skill)


Public speaking atau berbicara di depan umum adalah kemampuan yang harus mulai kamu kembangkan. Karena kemampuan ini akan sangat kamu butuhkan dan akan sangat membantu kamu.

Skill ini bisa kamu manfaatkan dalam dunia pekerjaan, contohnya saja untuk menyampaikan presentasi. Dengan kemampuan public speaking kamu yang bagus, akan sangat membantu dan mempermudah kamu menyampaikan materi-materi presentasi kamu.

4.Kepemimpinan(Soft Skill)


Kepemimpinan juga sangat penting kamu latih dan kembangkan, orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan mungkin akan mendapatkan posisi yang lebih baik. Bagi teman-teman mahasiswa Kamu bisa melatih kepemimpinan kamu dengan cara mengikuti kegiatan Organisasi di kampus kamu.

5.Manajemen waktu(Soft Skill)


Waktu adalah uang, pasti kamu sering kan mendengar kalimat tersebut. jadi jika kamu pintar dalam hal manajemen waktu itu akan sangat bagus.

Kamu akan terbiasa untuk disiplin dan orang-orang disiplin adalah orang yang banyak di cari di dunia pekerjaan. Jadi mulai sekarang harus belajar manajemen waktu yang baik.

Jadi kesimpulannya adalah Soft Skill Dan Hard Skill itu sama pentingnya. Kita harus bisa mengkombinasikan kedua hal ini agar menjadi individu yang lebih baik dan berkualitas.

Sekian artikel saya kali ini, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung.

Wassalamualaikum Wr Wb


Inilah 5 skill yang wajib harus dimiliki oleh anak muda dan  mahasiswa zaman sekarang
Soft Skill Dan Hard Skill

Koreksi artikel saya jika ada yang salah tau kurang pas di komentar, terima kasih

0 komentar

Post a Comment

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.