[SUKSES] 3 Cara keluar dari aptio setup utility pada laptop

Cara keluar dari aptio setup utility pada laptop

Assalamualaikum wr wb

Bagaimana cara keluar dari system aptio setup utility?, hal ini sering terjadi pada beberapa laptop seperti pengalaman saya terjebak di aptio setup utility. Dari beberapa kasus banyak orang yang bisa mudah keluar dari aptio setup utility, tetapi tidak jarang pula banyak orang memilih membawanya ke tempat service kare kesulitan untuk keluar dari aptio setup utility.

Berdasarkan pengalaman saya,penyebab muncul aptio setup utility pada laptop saya dikarenakan ketika laptop saya tiba-tiba blank dan tidak berfungsi sama sekali, saya putuskan untuk menekan tombol power agar saya bisa mematikan dan memulai perangkat laptop saya dari awal, tetapi bukannya laptop saya bisa langsung digunakan, justru ketika saya hidupkan malah masuk ke menu aptio setup utility.

Saya sempat panik dan bingung ketika ini terjadi, sehingga saya putuskan untuk bertanya pada teman-teman saya di grup-grup blogging dan tentang ilmu komputer, namun saya tidak menemukan jawaban yang saya cari karena mereka menyarankan untuk menekan tombol ESC namun tetep saja saya gagal dan ketika di hidupkan masih saja masuk ke menu aptio setup utility, dan saya pun melihat petunjuk pada laptop saya yang bertuliskan untuk menekan tombol F10 namun tetap saja gagal ketika dihidupkan tetap saja masuk ke menu aptio setup utility.

Memang sudah ada petunjuk di tulisan pada kanan layar laptop saya sebagaimana gambar di bawah ini:
 Memang tertulis petunjuknya seperti : Tombol panah kanan dan kiri untuk geser kanan kiri.
                                                               Tombol panah atas bawah untuk naik turun.
                                                               Tombol ESC untuk exit
                                                               Tombol F10 untuk save & exit

Kemudian saya mengikuti perintah sesuai dengan intruksi yang ada pada panduan , saya klik ESC masih gagal kemudian saya klik F10 juga gagal. kemudian saya melakukan cara menurut inisiatif saya sendiri, tapi sebelumnya simak di bawah ini caranya, ada 3 cara:

1. Klik tombol ESC pada keyboard laptop anda, jika gagal gunakan cara kedua.
2.Klik tombol F10 kemudian klik yes dan laptop akan mati lalu tunggu sesaat akan hidup kembali, namun jika masih masuk ke menu aptio setup utility, ikuti cara ketiga.
3. Cara ketiga yang saya lakukan ini berhasil yaitu dengan menekan Tombo F10 dan otomatis laptop akan mati dan ketika laptop mati tekan tombol ESC sampai menyala dan muncul menu untuk memilih bios seperti gambar di bawah ini:
Saya memilih bios yang kedua yang ditandai dengan warna hitam pada gambar diatas kemudian saya klik dan pilih bios tersebut dan tidak lama kemudian muncul  logo windows nya dan masuk dan bisa digunakan lagi seperti biasa dan normal kembali jika cara ini berhasil.

Namun jika ketiga cara diatas tidak berhasil ada baiknya bila dibawa saja ke tukang service agar lebih aman dan terjamin.

Karena menurut tukang service tempat saya membeli laptop penyebab laptop saya masuk ke aptio setup utility karena kerusakan pada keyboard /motherboard, namun menurut teman-teman dan para master di forum-forum komputer, menurut mereka yang menyebabkan masuk ke aptio setup utility adalah Baterai CMOS.

Sekian artikel saya kali ini kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

             Wassalamualaikum wr wb

Jika masih kurang paham anda bisa melihat video di bawah ini:
Laptop yang saya pakai merek Asus X441S
Peringatan: Cara ini saya ketahui secara otodidak, jika anda mengikutinya dan terjadi masalah, sepenuhnya bukanlah tanggung jawab kami, tetapi tanggung jawab anda sendiri karena kami hanya sharing pengalaman kami.

Cara keluar dari aptio setup utility pada laptop

15 comments

  1. Mantap gan... 👍👍👍
    Bekerja dengan baik.. cara ke-3 😁🙏
    Atur nuhun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas...
      Semoga bermanfaat mas.....

      😀😀☺☺

      Delete
  2. Munculnya :
    Reboot and Select proper Boot device
    Or insert Boot Media in selected Boot device and press and a key

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pilih Reboot and Select proper Boot device ,,,, soalnya say sudah agak lupa sudah lumayan lama

      Delete
  3. Wahh... Makasih banyak saya tadi udah panik cara pertama sama kedua gak bisa bisa, tapi pake cara yg ke 3 jadi lega, gak perlu diservice makasih..:)

    ReplyDelete
  4. Cara ketiga mantab nih...
    Terimakasih agan heheu

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak
    sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Kok tetp nggk bisa ya, kembali lagi ke bios lagi

    ReplyDelete
  7. Kok tetp nggk bisa ya, kembali lagi ke bios lagi

    ReplyDelete
  8. Kok gak bisa keluar kayak gambar yg ke 2,tulisan cuman back setup aja mas

    ReplyDelete

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.
EmoticonEmoticon