Cara seorang blogger mendapatkan uang dari blog mereka

Cara seorang blogger mendapatkan uang dari blog mereka

Assalamualaikum Wr Wb

Bagaimana cara seorang blogger mendapatkan uang dari aktivitasnya menulis di blog mereka? Kamu mungkin bertanya-tanya karena mungkin kamu sering dengar kalau ngeblog bisa menghasilkan duit? duit mereka datangnya dari mana? ya dulu saya pun bertanya-tanya tentang itu.


  1. Berapa lama blog bisa menghasilkan uang?
  2. Contoh blog yang sudah menghasilkan uang
  3. Blog berbayar bisa menghasilkan, Bagaimana dengan blog gratisan?
  4. Sumber penghasilan blogger
  5. Keuntungan selain dari segi materi menjadi seorang blogger
Jadi seorang blogger memang bisa menghasilkan uang, karena memang sudah terbukti banyak sekali blogger yang sukses karena kegigihan dan pengalaman mereka setelah lama bergelut di dunia blogger.



Berapa lama blog bisa menghasilkan uang?


Tetapi, menghasilkan pendapatan dari blogger itu tidak se gampang yang kamu pikirkan, semua butuh waktu ,butuh proses, dan pastinya butuh biaya,pemikiran dan tenaga.

Ada beberapa tahapan sebuah blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, lamanya waktu suatu blog bisa menghasilkan juga berbeda-beda, ada yang hanya hitungan bulan, sampai tahunan dan bahkan ada blogger yang menyerah di tengah jalan karena blog mereka tak kunjung menghasilkan.

Berikut contoh blog yang sudah menghasilkan uang dan menjadi terkenal:



  • Maxmanroe
  • Strukturkode
  • Juragancipir
  • Carapedi
  • PanduanIm
  • Strategimanajemen

Sebenarnya masih sangat banyak blog yang sudah terkenal dan sudah sukses, tetapi blog di atas adalah blog yang telah menginspirasi saya agar tidak berhenti walaupun blog saya ini belum menghasilkan.

Baca juga: Cara menghasilkan uang dari hobi menulis
Cara membuat toko online gratis di blogspot
Cara Berjualan barang tanpa modal di internet
Peluang dan ide usaha untuk desain grafis

Blog gratisan dan blog berbayar bisa menghasilkan


Emang bisa ya menghasilkan uang dari blog tanpa modal? bisa, tapi bukannya tanpa modal 100% tetapi maksud tanpa modal disini adalah tanpa mengeluarkan biaya untuk mengurus blog. kamu tetap harus modal komputer/laptop dan koneksi internet, atau kalau kamu tidak punya komputer/laptop kamu bisa ke warnet.

Ada dua tipe blog yaitu blog gratisan alias tanpa modal dan blog premium dengan modal.



  • Blog gratisan tanpa modal



Blogger yang ngeblog tanpa modal alias hanya modal komputer/laptop dan koneksi internet ini memang sangat banyak jika di bandingkan dengan jumlah blogger yang bermodal.

Mereka kebanyakan menggunakan situs blogspot.com untuk membuat blog, seperti blog saya ini.

Tapi walaupun hanya modal blog gratisan tetapi tetap saja punya peluang menghasilkan, yang penting konsisten. Salah satu blogger Indonesia yang berhasil dari blog gratisan adalah blog Strukturkode.blogspot.com, blog ini bisa menghasilkan jutaan bahkan mungkin sampai puluhan juta rupiah per bulan jika dilihat dari jumlah trafik pengunjungnya.


  • Blog premium dengan modal



Blog ini biasanya di buat menggunakan CMS(Content Management System), Jadi walaupun kamu gak bisa coding bahasa pemrograman kamu tetap bisa membuatnya.

Jadi biaya selain untuk komputer dan biaya koneksi internet adalah biaya hosting.

Ada beberapa CMS yang banyak di gunakan oleh para blogger, tetapi yang paling banyak di gunakan adalah Wordpress, karena memang sudah terbukti performa nya dan juga komunitas nya sangat besar sehingga  jika kamu ada kendala dan ingin belajar maka kamu bisa menanyakannya di forum/komunitas Wordpress yang banyak tersebar di internet.

Sumber penghasilan blogger


Tanpa berlama-lama lagi saya akan memberi tahu darimana blogger menghasilkan uang.

Google Adsense atau situs periklanan lain


Google adsense adalah situs periklanan yang paling banyak diminati oleh para blogger, karena memang terpercaya dan CPC(Cost Per Click) nya besar.

Apa itu CPC (Cost Per Click)? CPC adalah harga/biaya per klik, Jadi misal CPC kamu 1000 Rupiah jadi jika ada satu orang yang klik maka kamu akan di bayar 1000 Rupiah,jika yang klik ada 5 orang maka 1000 x 5 = 5000 Rupiah.

Jadi CPC di tentukan oleh pemasang iklan, ada yang berani bayar dengan CPC besar dan ada yang bayar dengan CPC kecil, Tetapi kamu bisa blokir iklan dengan CPC kecil agar iklan yang tampil di blog kamu iklan yang ber CPC besar, Tetapi saya pernah dengar kalau memblokir semua iklan ber CPC kecil juga kurang baik untuk adsense kamu.

Selain CPC, adsense juga membayar kamu berdasarkan CTR, RPM, dan CPM :

Apa itu CTR(Click Through Rate)? CTR adalah jenis perhitungan adsense yang cara perhitungannya adalah jumlah klik iklan di bagi dengan jumlah tayangan iklan.

Apa itu RPM(Revenue Per Thousand Impression)? RPM adalah jenis perhitungan adsense yang cara perhitungannya adalah dihitung dari rata-rata per seribu impresi.

Apa itu CPM(Cost Per Mille)? CPM adalah jenis perhitungan adsense yang cara perhitungannya adalah per seribu tayangan halaman.

Itu yang saya baca dari beberapa blog di internet, saya juga masih lumayan bingung tentang penghitungan penghasilan google adsense karena saya masih pemula juga.

Selain periklanan google adsense juga masih banyak lagi, tetapi saya tidak pernah menggunakannya karena saya sudah pakai google adsense.

Kalau kamu ingin tahu contoh iklan dari google adsense, kamu bisa melihatnya di blog ini jika kau tidak pakai Adblock.

Blogspot bisa menghasilkan uang dari adsense?


Jawabannya adalah bisa, seperti contoh blog diatas yang sudah saya tulis yaitu blog strukturkode.blogspot.com yang sukses dari google adsense walaupun hanya dari blog gratisan, kuncinya adalah tekun, konsisten dan selalu belajar.

 Menjual space iklan di blog


Bagi blog yang sudah terkenal mungkin akan banyak sekali ter tempel merk produk di blog mereka,mereka biasa menawarkan space iklan di blog mereka dan ketika ada brand/perusahaan yang tertarik kemudian akan menghubungi admin blog.

Kemudian mereka akan mulai membuat sebuah kontrak perjanjian, biasa pemilik blog akan di bayar bulanan atau bahkan tahunan. Biaya pemasangan iklan pun beragam mulai dari puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah, tergantung kesepakatan dan juga tergantung dari trafik blog dan popularitas blog. Jadi semakin blog itu bertrafik tinggi dan populer maka harga space iklan di blog tersebut juga akan semakin mahal.


Content Placement


Content placement adalah sebuah kerjasama pemilik blog dan perusahaan yang ingin meng iklankan produk mereka di suatu blog. Caranya yaitu si pemasang iklan membuat konten dan kemudian akan di publikasikan ke suatu blog, biasanya sih kalau di blog content placement nya berupa artikel.

Biasanya content placement ini berlaku selamanya, jadi pihak pengiklan hanya sekali membayar dan konten selamanya terpajang di blog tersebut, jadi tidak boleh di hapus.

Jualan barang atau jasa sendiri


Nah bagi kamu yang punya produk atau jasa sendiri, kamu bisa memanfaatkan blog sebagai sarana promosi dan kamu bisa mendapatkan konsumen untuk produk kamu dari blog kamu sendiri.

Jadi lumayan kan untuk mengurangi biaya promosi.

Mengikuti Lomba blog


Bagi kamu yang suka tantangan dan suka berkompetisi kamu bisa mengikuti lomba blog, ada banyak sekali setiap bulannya lomba blog, Kamu bisa mencarinya di internet. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat jika kamu mengikuti lomba blog, apalagi jika menang:

Keuntungan mengikuti lomba blog

  • Mendapatkan hadiah jutaan bahkan sampai puluhan juta, jika kamu berhasil masuk tiga besar.
  • Blog kamu akan jadi terkenal jika menang.
  • Menambah keahlian kamu tentang menulis artikel.
  • Mendapatkan penghargaan/sertifikat jika kamu menang.

Ada beberapa bentuk lomba blog, tetapi yang paling sering ada dua, yaitu:

  • Lomba blog menulis artikel.
  • Lomba blog kontes seo.
Ayo buat blog dan mulai menghasilkan lewat blog.

Selain dari segi materi, menjadi blogger juga memiliki keuntungan lain, yaitu:


  • Membantu orang lain
  • Menambah ilmu dan wawasan menulis
  • Memiliki banyak teman sesama blogger
  • Membangun personal branding
  • Menambah ilmu dan wawasan di internet

Membantu orang lain


Menjadi blogger dan menulis artikel yang bermanfaat tentu akan sangat bermanfaat bagi para pembaca blog anda, dengan tulisan anda bisa membantu menyelesaikan masalah,memotivasi dan meng inspirasi orang lain.

Menambah ilmu dan wawasan menulis


Ini sangat berguna karena dengan rajin menulis kamu akan semakin berilmu dan berwawasan dalam bidang menulis, selain itu menulis juga bisa menambah perbendaharaan kata.

Memiliki banyak teman sesama blogger


Blogger adalah komunitas yang sangat besar, ada banyak sekali blogger di indonesia mungkin sampai ratusan ribu blogger, baik yang aktif maupun yang sudah tidak aktif.

Kamu bisa bersilaturahmi dengan sesama blogger, baik melalui blog walking maupun mengikuti kopdar blogger.

Membangun personal branding


Kamu bisa menjadi terkenal dengan menulis, misalkan kamu seorang yang pandai tentang ilmu blogger, kamu bisa saja di undang menjadi seorang public speaker untuk memberikan dan membagikan pengalaman dan motivasi kamu ke banyak orang, dan kamu bisa menjadi orang yang berguna dengan menginspirasi banyak orang.

Menambah ilmu dan wawasan kamu di internet


Blogger adalah sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan internet,  dengan menjadi seorang blogger maka secara tidak langsung akan menambah ilmu dan wawasan kamu di internet.

Tunggu apa lagi? ayo jadi blogger dan warnai internet dengan artikel kamu.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih sudah berkunjung.

Wassalamualaikum WR WB

Cara seorang blogger mendapatkan uang dari blog mereka




0 komentar

Post a Comment

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.