Cara berjualan barang dan fashion tanpa modal dan tanpa stok barang di internet

Cara berjualan kaos tanpa modal di internet

Assalamualaikum Wr Wb

Berjualan di internet adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang banyak di lakukan oleh masyarakat saat ini. Kita bisa menjual produk yang kita punya ke seluruh nusantara bahkan ke seluruh dunia tanpa harus memiliki toko offline di kota tersebut atau tanpa harus memiliki supplier atau distributor di wilayah yang kita tuju sebagai target pasar.


Cara berjualan barang dan fashion tanpa modal dan tanpa stok barang di internet


Kita hanya perlu memanfaatkan internet untuk melakukan proses penawaran dan negosiasi barang atau pun jasa yang ingin kita jual ke konsumen. Kemudian setelah semua proses negosiasi tersebut deal dan kita telah menerima pembayaran dari konsumen, kita tinggal mengirimkan barang yang telah di pesan konsumen ke tempat tujuan sesuai alamat yang di berikan oleh konsumen kita.

Permasalahannya adalah barang apa yang ingin kita jual? kita ingin jualan online tetapi kita tidak punya barang untuk kita jual. Lalu apa bisa jualan online tanpa harus stok barang dan tanpa modal? Jawabannya adalah bisa, kamu hanya perlu modal smartphone, koneksi internet dan rekening bank, kamu sudah bisa menjadi pedagang online, lalu bagaimana caranya? simak beberapa cara di bawah ini:

1.Menjadi Dropshiper


Yang pertama yaitu kamu bisa menjadi seorang dropshiper, dengan menjadi dropshiper kamu hanya perlu modal smartphone dan koneksi internet dan juga keahlian marketing untuk menawarkan dan menjual produk kamu ke konsumen. Lalu bagaimana sistem nya?

Cara Mencari supplier untuk dropshiper


Pertama kamu harus mencari supplier yang bersedia menjadi penyuplai barang yang kamu jual, caranya kamu bisa mencari supplier di market place besar misalnya: Tokopedia,bukalapak,blibli dan masih banyak yang lainnya. 

INGAT, kamu harus mencari supplier yang jujur dan bisa di andalkan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan di kemudian hari.

Ciri-ciri supplier jujur dan bisa di andalkan



  • Pertama yaitu ratting toko memiliki nilai bintang yang bagus, dan memiliki ulasan yang positif.
  • Kedua yaitu cek kualitas respon chat, cepat atau lambat.
  • Ketiga yaitu pastikan toko tersebut adalah penyedia produk barang pertama.
  • Keempat yaitu pastikan alamat toko jelas, misalnya siapa nama owner nya, alamat toko nya, dan juga profil media sosial pemilik toko tersebut.

Kemudian jika kamu sudah menemukan supplier yang jujur dan bisa di andalkan kamu bisa mulai berjualan online, sebelumnya kamu tanyakan dulu ke supplier kamu barang mana yang bisa kamu bantu jual dan stok nya ready bila perlu kamu minta katalog nya jika ada.

Jika sudah tau barang mana saja yang ingin kamu jual, sekarang kamu promosikan barang tersebut bisa lewat media sosial facebook atau instagram misalnya, lewat markeplace seperti tokopedia,bukalapak,blibli, atau kamu bisa menggunakan blog atau toko online pribadi kamu untuk melakukan promosi.

Jika ada order masuk dari konsumen


Jika ada order atau pesanan masuk dari konsumen, kamu langsung saja hubungi supplier kamu apakah barangnya ready stok, kalau sudah dinyatakan ready stok dan proses negosiasi dengan pembeli sudah deal, maka kamu tinggal meminta pembayaran ke pembeli, dengan menaikan harga yang di berikan oleh supplier kamu, kamu bisa menaikan beberapa persen dan jangan lupa untuk biaya ongkos kirimnya.

Setelah uang dari konsumen atau pembeli telah masuk ke rekening kamu, sekarang kamu tinggal meneruskan pesanan tadi ke supplier kamu dan berikan data pembeli ke supplier kamu, setelah itu pastikan kamu meminta nomor resi ke supplier kamu untuk bukti barang sudah di kirim dan berikan nomor resi itu ke pelanggan kamu. Oh iya pastikan rekening bank kamu terhubung ke SMS banking tau mobile banking agar mempermudah kamu bertransaksi dan tidak perlu bolak balik ke ATM.

Sekarang kamu tinggal tunggu barang tersebut sampai ke pembeli kamu, dan mintalah feedback atau testimoni dari pembeli kamu ke toko online kamu.

Bagaimana cara menjadi dropshiper? mudah kan.

Baca juga:  Peluang dan ide bisnis usaha untuk desainer grafis
                    Cara membuat logo sendiri dengan mudah
                    Hobi yang menghasilkan cocok untuk milenial
                    Cara edit video slow motion dan fast motion di android
                    Skill yang harus di kuasai oleh anak muda zaman sekarang

2. Berjualan baju di tees.co.id


Tentang tees, tees adalah sebuah marketplace yang menjual berbagai macam barang, seperti kaos,casing,tas,tumbler,hijab,bantal,pouch,topi,mug,poster dan masih banyak yang lainnya.

Jadi kamu yang ingin berjualan online tanpa harus ribet kamu bisa berjualan di tees, jadi kamu hanya modal desain, kamu bisa upload desain kamu atau desain langsung di website tees.

sudah banyak sekali desainer yang bergabung di tees, mungkin sudah ribuan bahkan puluhan ribu.

Jadi sistemnya kamu tinggal buat desain kamu, kemudian upload ke toko kamu di tees dan share link toko kamu di tees ke sosmed/toko online. kemudian jika ada yang ingin membeli, konsumen langsung di tangani oleh pihak tees.

Untuk keuntungan kamu tentukan sendiri, saya sarankan kamu mengambil untung 15%-20% supaya tidak terlalu tinggi harganya dan bisa terjangkau bagi konsumen, boleh juga di tentukan dengan kerumitan desain kamu.

Misalkan begini, pihak tees memberikan biaya modal pembuatan kaos 100k, kemudian kamu bisa menjualnya dengan harga 115k. Jadi jika nanti ada orang yang membeli, maka saldo kamu akan bertambah 15k mungkin keuntungan bersihnya hanya 12k lebih, karena mungkin ada potongan pajak atau apa saya kurang tahu.

Untuk situs seperti ini di luar negeri juga ada, yaitu teespring kamu noleh nyoba dua-duanya sekalian.

Sekian postingan saya kali ini, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Wassalamualaikum Wr Wb

Cara berjualan barang dan fashion tanpa modal dan tanpa stok barang di internet

2 comments

  1. aku pernah jg jadi drop shipper hehhe, btw tees itu baru yah? Thx infonya bro :)

    ReplyDelete
  2. Kayak nya udah lama bang joe...sejak 2013 ..... tapi saja juga baru tahu tahun lalu :D

    ReplyDelete

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.
EmoticonEmoticon