Cara cek dan cetak kartu NISN online berdasarkan nama siswa

Cara cek dan cetak kartu NISN online Di Internet


Assalamualaikum WR WB

Bagaimana cara mencari NISN Secara online? Sebagian orang masih kebingungan cara cek data NISN secara online, apalagi bagi wali murid yang tidak terbiasa dengan komputer dan internet.

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa disebut NISN adalah sebuah nomor yang diberikan kepada setiap pelajar/siswa yang sedang menjalankan pendidikan atau bersekolah di lembaga pendidikan yang sudah terdaftar pada Kemendikbud dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau yang biasa disebut NPSP,  jadi setiap siswa akan memiliki nomor NISN yang berbeda-beda.
Biasanya banyak siswa mencari NISN kemudian mencetaknya untuk keperluan pendaftaran ke sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi lagi, Misalkan siswa SD yang ingin mendaftar Ke SMP, Biasanya akan diberi persyaratan untuk melampirkan NISN dalam bentuk print out, Atau bisa juga ketika menjelang Ujian Nasional siswa diperintahkan oleh guru untuk mengumpulkan print out NISN.


Lalu baagaimana cara cek data NISN Secara online, kemudian mencetaknya? Langsung saja simak caranya Di Bawah:

Sebenarnya ada dua cara cek NISN, Yang pertama yaitu menggunakan Nama siswa kemudian yang kedua menggunakan Nomor induk siswa, jika sudah diketahui, Simak caranya dibawah ini:

Cara Pertama, Cek NISN berdasarkan nama siswa


Pertama silahkan kalian kunjungi situs resminya langsung DI SINI, Kemudian tampilan websitenya akan seperti pada gambar Di Bawah ini:




Kemudian klik Pencarian berdasarkan nama, kemudian tampilan websitenya akan seperti dibawah ini:




Kemudian isi data-data yang diperlukan seperti Nama siswa, Tempat lahir, Tanggal lahir dengan format: Tanggal/Bulan/Tahun, Kemudian jangan lupa nama ibu. Jika semua form sudah diisi, silahkan klik cari. Jika data yang anda masukan sudah benar maka akan tampil hasilnya seperti gambar Di Bawah ini:



Namun jika datanya tidak muncul dan yang keluar hanya tulisan No Records To Display, bisa jadi data yang anda masukan di form pencarian salah, silahkan diulangi lagi langkah-langkahnya.



Cara Kedua, Menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional


Pertama caranya sama yaitu langsung saja masuk ke website resminya DI SINI, Kemudian Tampilan Websitenya akan seperti Di Bawah ini:


Kemudian isi data pada form yang telah tersedia, yaitu NISN dan nama Ibu





Kemudian klik cari dan jika data yang anda masukan sudah benar maka hasilnya akan seperti gambar Di Bawah ini:




Jika kalian ingin print out atau ingin menyimpannya dalam file pdf, kalian tinggal klik saja tombol kombinasi CTRL+P, kemudian akan muncul pop up untuk print out dan menyimpan dalam file pdf, seperti pada gambar Di Bawah ini:


Silahkan klik simpan, untuk menyimpannya dalam bentuk file PDF.

Sekian artikel saya pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum WR WB



Cara cek dan cetak kartu NISN online berdasarkan nama siswa


0 komentar

Post a Comment

komentar lah yang relevan dengan isi artikel,
jangan komentar tidak sopan, ingat mulutmu harimau mu.